Senin, 27 Maret 2017

Lingkungan Penyelaman Wajib Diperhatikan

Sering kita mendengar, bagi seorang atau individu maupun kelompok yang akan melakukan aktifitas/ kegiatan menyelam harus memperhatikan, mempelajari serta mengetahui kondisi lingkungan penyelamannya.

Lingkungan penyelaman sangat mempengaruhi segala persiapan-persiapan dalam perencanaan kegiatan penyelaman.

Hal ini dikarenakan, dengan karakteristik serta keadaan lingkungan yang berbeda tentunya direncanakan persiapan yang berbeda pula.

Sebelum membahas lebih lanjut, yuk kita pahami sejenak arti kata “ Lingkungan Penyelaman”.

Nah, yang dimaksud dengan lingkungan penyelaman adalah kondisi, bentuk serta keadaan umum dari daerah yang akan kita selami.

Kondisi

Kita harus mengetahui kondisi lokasi atau daerah yang akan diselami.

Apakah daerah tersebut masih “Perawan” atau belum pernah dilakukan kegiatan penyelaman ataupun sudah pernah dilakukan kegiatan penyelaman sebelumnya.

Banyak lokasi - lokasi penyelaman di Indonesia yang sudah barang tentu informasi - informasi nya sudah dapat anda temukan seperti di Nusapenida Bali ataupun di Sumatera Barat serta masih banyak lagi.

Informasi tersebut dapat kita ketahui dengan bertanya pada masyarakat lokal disekitar lokasi maupun dari informasi media baik media masa maupun media elektronik.

Hal ini sangat perlu dilakukan guna keselamatan dan kenyamanan kita dalam melakukan aktifitas penyelaman.
Contoh Kondisi Lokasi, Arus dan Pola Arus (Foto : Internet)

Apabila kita masih ragu dengan kondisi lokasi/ daerah tersebut, ada baiknya kita melibatkan masyarakat lokal sebagai “guide” yang tentunyan lebih memahami karakteristik serta informasi lokasi.

Bentuk serta keadaan umum lokasi

Setiap individu maupun kelompok wajib mengetahui bentuk “morfologi” lokasi penyelaman.

Apakah lokasinya landai, curam atau terjal dan lain sebagainya.

Hal ini diperlukan untuk perencanaan “Entry” dan “Exit” penyelaman dan yang paling utama tentunya untuk “Keselamatan”.

Informasi keaadan umum lokasi penyelaman juga sangat dibutuhkan, seperti bagaimana kedaan arus lokasi, gelombang, pasang surut, suhu, jarak pandang, kedalaman serta biota air yang umum dijumpai.
Salah Satu Informasi Keadaan Umum Lokasi (Foto : Internet)
Dari informasi lokasi/ daerah penyelaman tersebut, barulah kita dapat mempersiapkan segala sesuatu, baik perlengkapan maupun kondisi psikologis individu serta kelompok yang akan melakukan kegiatan penyelaman.

Cukup sederhana bukan???.

Namun harus menjadi bahan pertimbangan utama.

Nanti, Saya akan menginformasikan lebih lanjut apa saja persiapan yang harus dilakukan sebelum melakukan kegiatan penyelaman.

" Baca Juga Artikel Lainnya ''
Manusia Pertama Yang Melakukan Penyelaman
Penyelaman Sebuah Kata Yang Terlintas Di Pikiran
Tidak Sengaja Mengenal Selam