Salah Satu Surga Indonesia, Wisata Bahari Lembongan



Nusa Lembongan, Surga Wisata Bahari Indonesia.

Keindahan alam dan kekayaan adat istiadat merupakan daya tarik utama bagi wisatawan untuk menjadikan Bali sebagai daerah tujuan wisata. Hal ini dapat kita lihat dengan jumlah kawasan wisata di Bali.

Keterlibatan masyarakat di dalamnya juga mendukung sehingga mendorong pemerintah untuk terus mengembangkan kepariwisataan melalui penambahan dan perbaikan infrastruktur di daerah-daerah dan tempat-tempat yang banyak dikunjungi oleh para wisatawan.

Selain itu, sektor pariwisata Bali menciptakan lahan kerja yang luas serta memberikan kesempatan masyarakat untuk berusaha.

Dalam dunia pariwisata khususnya pada tingkat Nasional, Bali selalu dijadikan acuan bagi daerah lain dalam pengembangan pariwisata.


Nusa Lembongan menjadi andalan pemerintah Kabupaten Klungkung dan Provinsi Bali untuk mempromosikan pariwisata secara keseluruhan. Setidaknya dalam 5 tahun terakhir jumlah wisatawan meningkat 100% setiap tahunnya.

 "Lebih dari 2.500 orang datang ke Nusa Lembongan setiap harinya".

Wisatawan dari berbagai Negara seperti Australia, Prancis, Rusia, Hongkong, Taiwan dan negara-negara Eropa bergantian datang setiap harinya.

Puncak keramaian pariwisata di Nusa Lembongan terjadi antara Bulan April hingga bulan Agustus dan dilanjutkan pada pergantian tahun, tepatnya pada Bulan Desember.

Wisatawan yang datang dibagi dalam 2 kelompok, kelompok pertama wisatawan yang datang dan menginap di Nusa Lembongan, sedangkan kelompok kedua termasuk wisatawan yang hanya sekedar melancong dan menginap di Bali.

Menurut data Desa Lembongan, ada sekitar 114 vila yang siap menampung para wisatawan dari berbagai Negara. Fasilitas pendukung juga tersedia, lebih kurang 2500 boat untuk memenuhi kebutuhan snorkling dan diving.
 
Ekosistem yang terdapat di Nusa Lembongan dan sekelilingnya terdiri dari ekosistem terumbu karang, lamun, mangrove, pantai, ekosistem darat seperti tumbuhan tahunan, rock dan hutan belukar.

Ekosistem terumbu karang dan mangrove paling mendominasi untuk perairan Lembongan, Khususnya di Desa Lembongan dan Jungut Batu.

Karakteristik pantai yang landai merupakan ciri khas pantai membuat terumbu karang tepi (fringing reef) paling dominan di dasar perairan Nusa Lembongan.

Berdasarkan hasil monitoring langsung Beta M “hamparan terumbu karang berkisar pada kedalaman 0,5- 30 meter". 

Hard coral dan soft coral merupakan jenis terumbu karang yang memiliki tutupan paling dominan, untuk beberapa titik. 

Hamparan dead coral banyak pada kedalaman 1-10 m, sedangkan tepian pesisir pantai Nusa Lembongan tersusun oleh hamparan belukar bakau/mangrove.

Menurut data Kawasan konservasi Perairan Nusa Penida Bulan April Tahun 2016 ada 14190 Ha terumbu karang (296 jenis) di Perairan Nusa Penida, lebih kurang 3000 Ha berada Nusa Lembongan dan Nusa Ceningan.


Hamparan terumbu karang yang tersebar dari Sebelah Barat Desa Lembongan, Sangiang/ Masroom Beach hingga ke Sebelah Timur Mangrove Point Desa Jungut Batu.

Kondisi terumbu karang baik 50%, sebagian terumbu karang banyak terkena Coral Bleaching dan ruble. Bleaching coral disebabkan kenaikan suhu air laut dengan cepat, terutama di perairan Jawa dan Bali pada Tahun 2016, sedangkan ruble banyak di perairan Lembongan dan Ceningan diperkirakan dari kegiatan manusia.

 "Pariwisata pantai menjadi salah satu daya tarik wisata di Desa Lembongan".
 
Beberapa pariwisata pantai yang indah sebagai tempat berjemur, beaches, nice viwe serta point sunrise dan sunset yang indah tersedia Desa Lembongan.

Jenis pariwisata pantai yang ada di Desa Lembongan antara lain Ceningan Cliffs, Suspension, Cliff Jumping, Blue Lagoon, The Palms, Le Pirate, Dream Beach, Laguna Beach, Seaweed Farm, Sandy bay, Sunsite Beach, Mushroom Beach, Tamarin Beach dan Gua Gala Gala.

Wisata bahari di Desa Lembongan merupakan salah satu tempat wisata yang sangat indah, khususnya untuk destinasi wisata bahari.


Wisata bahari Desa Lembongan menjadi surga para pecinta diving, fishing, mangrove track dan surfing, beberapa lokasi wisata bahari yang ada di Desa Lembongan antara lain: ceningan wall, gamat bay, cristal bay, mangrove, lokasi Snorkling dan diving dan Play Grounds, Leceration, Ceningan lokasi surving

Semoga artikel ini memperbaruhi informasi wisata anda, belum banyak lokasi wisata yang terekspos sempurna.

  " Hanya kita yang dapat melihatnya langsung ".

Untuk pariwisata di Lembongan tentu akan memberi sensasi yang lebih, jika kita berhasil sampai ke pulau eksotik tersebut. (ehd).


Baca juga artikel lainnya :

Belum ada tanggapan untuk "Salah Satu Surga Indonesia, Wisata Bahari Lembongan"

Posting Komentar